Skip to Primary Navigation Skip to Site Navigation Skip to Main Content

Frequently Asked Questions

Kenapa Anak Sering Terluka?

Bagaimana Proses Penyembuhan Luka?

Bagaimana Supaya Luka Cepat Sembuh?

Apa Saja Jenis Perekat pada Plester?

Bagaimana Merawat Demam Ringan?

Bagaimana Merawat Demam Sedang?

Kapan Harus ke Dokter?

Apa yang Menyebabkan Bengkak dan Memar?

Bagaimana Menangani Memar dan Bengkak?

 

Kenapa Anak Sering Terluka?

Anak umumnya memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dan tingkat keseimbangan yang belum sepenuhnya matang, sehingga rentan terjatuh. Main bola, naik sepeda, atau berlarian bersama teman dapat menyebabkan anak terluka.

kembali ke atas

Bagaimana Proses Penyembuhan Luka?

Tubuh punya kemampuan untuk menyembuhkan luka secara alami. Anda bisa membantu kelancaran proses ini dengan memastikan :
> Lingkungan sekitar luka tetap steril.
> Tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Proses penyembuhan luka melibatkan tiga tahap :
1. Peradangan.
2. Pembentukan pembuluh darah baru dan jaringan konektif.
3. Proses penyembuhan luka itu sendiri.

Kapan luka Anda bisa dikatakan sudah benar-benar sembuh?
> Permukaan kulit baru sudah terbentuk.
> Kulit baru terasa lentur atau elastis.

kembali ke atas

Bagaimana Supaya Luka Cepat Sembuh?

Steril Itu Penting!
Luka yang dibiarkan terbuka membuat kulit terpapar air, udara, dan debu, sehingga bisa timbul infeksi. Karena itu, Anda perlu menjaga area sekitar luka tetap steril dengan plester.
Sebaiknya pastikan plester yang Anda gunakan memiliki pad atau bantalan yang steril – seperti yang dimiliki Nexcare™ Bandages. Selain steril, pastikan plester Anda memiliki pori-pori dengan diameter cukup kecil untuk melindungi dari bakteri dan kontaminasi, tetapi tetap memungkinkan udara mengalir sehingga luka bisa `bernapas`. Ingat, udara dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka.

Cukupi asupan Nutrisi
Kecukupan nutrisi berperan dalam penyembuhan luka karena membantu pembentukan sel-sel baru. Terapkan pola makan bergizi seimbang yang variatif setiap hari.

> Asupan karbohidrat : Nasi, roti atau sereal.
> Asupan protein (minimal 2 porsi per hari) : Daging, unggas, ikan, serta dari sumber nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
> Vitamin dan mineral : Sayur-sayuran yang berwarna kekuningan, orange, atau yang berdaun banyak warna hijau tua, kaya akan vitamin A. Tomat, brokoli, paprika, serta buah-buahan asam, kaya akan vitamin C.

kembali ke atas

Apa Saja Jenis Perekat pada Plester?

Latex Adhesive
Plester berbahan dasar karet atau latex biasanya cukup lentur dan memiliki daya rekat sangat kuat. Namun akibatnya, saat plester dilepas dapat menimbulkan rasa sakit akibat lem yang terlalu lekat atau rambut di permukaan kulit yang turut tercabut. Bahan perekatnya juga meninggalkan bekas lem yang menempel di kulit dan sulit dibersihkan. Selain itu, bahan dasar latex juga berpotensi memicu reaksi alergi dan iritasi.

Acrilate Water-based Adhesive
Plester dengan bahan perekat akrilik berbasis air cenderung kurang kuat daya rekatnya.

Acrilate Solvent-based Adhesive
Jenis perekat yang bebas alergi dan iritasi, namun dengan daya rekat yang relatif ideal adalah perekat akrilik berbahan dasar solven seperti yang digunakan oleh Nexcare™ Bandages. Pada perekat jenis ini, daya rekat akan bertambah seiring lamanya pemakaian, tidak sakit ketika dilepas, serta tidak meninggalkan bekas pada kulit.

kembali ke atas

Bagaimana Merawat Demam Ringan?

Demam ringan (di bawah 38,8 oC) sebenarnya tidak membutuhkan obat. Redakan kondisi dengan: banyak minum, beristirahat, dan berpakaian seperlunya.

kembali ke atas

Bagaimana Merawat Demam Sedang?

Demam dikatakan sedang jika suhu tubuh mencapai 38,8- 39,4 derajat Celsius. Minum obat penurun panas, basuh tubuh dengan spons menggunakan air suam-suam kuku.Jika anak gemetar, hentikan dan segera keringkan tubuhnya. Kompres dengan Nexcare™ ColdHot Pack Mini (panas) juga dapat membantu.

kembali ke atas

Kapan Harus ke Dokter?

Demam terjadi pada bayi atau anak yang masih kecil; atau melampaui suhu 39,4 derajat Celsius untuk anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa. Demam berlangsung lebih dari tiga hari. Demam disertai sekit kepala berat, muntah-muntah, ruam pada kulit, sesak napas atau sakit dada, rasa sakit saat berkemih, sensitivitas pada cahaya dan gejala lainnya yang tak biasa.

kembali ke atas

Apa yang Menyebabkan Bengkak dan Memar?

Benturan menyebabkan pembuluh darah yang sangat halus menjadi rusak. Akibatnya, darah keluar dari dalam pembuluh darah yang cedera, mengalir ke jaringan-jaringan di bawah kulit dan ”menyusup” ke lapisan atas kulit.

kembali ke atas

Bagaimana Menangani Memar dan Bengkak?

Naikkan area yang cedera
Tinggikan area yang cedera di atas jantung selama sekitar 20 menit. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Gunakan kompres dingin
Untuk mencegah atau mengurangi pembengkakan, segera letakkan dengan hati-hati Nexcare™ ColdHot Pack Mini (dingin) selama sekitar 15-20 menit. Lanjutkan sekali sehari selama 2 hari pertama. Kompres dingin juga bisa berguna untuk memar di sekitar mata. Namun kompres hanya boleh diletakkan di area sekitar mata, bukan di atas mata.

kembali ke atas